Bagaimana Cara Menjadikan WhatsApp Bisnis yang Mudah? Ini Penjelasannya!

Aplikasiterbaru.net  – WhatsApp, hingga kini masih populer digunakan untuk komunikasi berbagai keperluan. Bahkan kini, WhatsApp bisa digunakan untuk berbisnis.Cara menjadikan WhatsApp bisnis bisa dilakukan melalui beberapa langkah. Hal ini akan membuat pengguna bisa memisahkan obrolan pribadi dan pekerjaan. Berikut ulasan lengkapnya!

cara menjadikan whatsapp bisnis
cara menjadikan whatsapp bisnis

Cara Menjadikan Whatsapp Bisnis

1.   Melakukan Back-Up Chat WhatsApp

Pertama-tama, setiap pengguna harus memastikan bahwa pesan pada WhatsApp sudah dicadangkan. Lakukan back-up terlebih dahulu untuk bisa menjadikan WhatsApp bisnis. Dengan melakukan back-up, pesan pada WhatsApp pun tidak akan terhapus. Untuk melakukan back-up  yakni dengan cara:

  • Bukalah aplikasi WhatsApp Messenger.
  • Pilihlah menu “Settings”.
  • Kemudian, arahkan pada menu “Chat”.
  • Tap opsi “Chat Back Up” untuk mencadangkan pesan.
  • Selanjutnya, klik “Back Up” untuk memulai pencadangan pesan.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai.

2.   Mengunduh Aplikasi WhatsApp Business

Selanjutnya, pengguna bisa mengunduh WhatsApp Business. Download aplikasi tersebut melalui Play Store ataupun App Store secara free alias gratis. Munculnya aplikasi WhatsApp Business menjadi salah satu solusi untuk  kebutuhan penggunanya dalam berbisnis.

Aplikasi tersebut akan membantu melakukan promosi produk yang disuguhkan. Selain itu, akan membantu melayani konsumennya yang berbelanja pada produk tersedia. Unduh aplikasinya hingga berhasil diinstal.

3.   Login

Ketika aplikasi WhatsApp Business sudah terinstal dengan baik, selanjutnya pengguna bisa login. Sama halnya dengan WhatsApp biasa, pengguna harus mempersiapkan nomor aktif untuk bisa login.

READ  Cara Blokir Otomatis Nomor Tidak Dikenal di WhatsApp dengan atau Tanpa Aplikasi

Masukkan nomor WhatsApp secara lengkap. Pastikan nomor tersebut masih aktif, sehingga mudah ketika diverifikasi. Nomor yang dimasukkan yakni nomor yang sebelumnya digunakan pada akun WhatsApp biasa.

4.   Melakukan Verifikasi Nomor

Selanjutnya, setiap pengguna harus melakukan verifikasi nomor. Langkah ini harus terlewati untuk bisa menerapkan cara menjadikan WhatsApp bisnis secara berhasil. Umumnya, nomor telepon akan diverifikasi melalui kode OTP yang tersedia secara otomatis.

Pengguna bisa menginput kode secara manual. Alternatif mudahnya, bisa memasukkan kode secara otomatis. Jika berhasil, maka pengguna bisa melangkah ke tahapan selanjutnya dalam WhatsApp Business. Kode OTP yang diberikan hanya berlaku untuk beberapa menit saja.

5.   Memilih Jenis Media untuk Preferensi Chat yang Dicadangkan

Setiap pengguna harus memilih media yang akan digunakan untuk preferensi pesan yang sebelumnya sudah dicadangkan. Media yang bisa dipilih bisa perangkat lunak, ataupun memori internal pada HP.

Selain itu, banyak juga pengguna yang memilih media lainnya, seperti halnya Google Drive. Setiap obrolan atau chat yang telah dicadangkan akan dipulihkan kembali. Istilah lainnya dikenal dengan retrieve.

6.   Menunggu Prosesnya Hingga Berhasil

Tunggulah hingga prosesnya selesai. Pemulihan data membutuhkan waktu beberapa menit. Oleh karena itu, pengguna harus bersabar menunggu prosesnya hingga berhasil dilakukan. Pastikan didukung dengan jaringan yang bagus, sehingga proses pemulihan bisa dilakukan secara efektif.

7.   Melengkapi Profil Bisnis

Jika sudah berhasil, pengguna bisa menggunakan WhatsApp Business. Lengkapi profil bisnis secara terperinci. Untuk melakukannya cobalah tap opsi “Settings à Business Settings à Profile”. Masukkan informasi yang berkaitan dengan bisnis yang dilakukan.

Profil yang diinput umumnya mencakup nama, alamat, kontak secara detail hingga website terkait bisnis. Informasi ini menjadi salah satu pengenal bisnis yang dimiliki pengguna. Selanjutnya, gunakan fitur lainnya untuk bisa berbisnis secara maksimal.

READ  Cara Mengubah Whatsapp Business ke WhatsApp Biasa

Demikianlah ulasan singkat terkait cara menjadikan WhatsApp bisnis secara gampang. Nikmati suguhan fitur menarik pada WhatsApp bisnis yang akan memudahkan penggunanya berbisnis. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

twenty − 12 =