Cara Membuat Toko Online di Whatsapp for Business

Aplikasiterbaru.net  – Aplikasi WhatsApp kini tersedia versi WhatsApp Business atau WhatsApp bisnis yang dibuat khusus pemilik bisnis kecil-kecilan. Tahapan dalam cara membuat toko online di whatsapp business dapat dilakukan dengan mudah. Adanya aplikasi WhatsApp Business ini membuat proses berjualan online menjadi semakin mudah.

cara membuat toko online di whatsapp
cara membuat toko online di whatsapp

Aplikasi WhatsApp Business adalah bentuk lain dari WhatsApp Messenger yang sangat membantu para pebisnis untuk berjualan dan berinteraksi dengan konsumen. Penggunaan aplikasi ini dinilai sangat tepat karena hampir seluruh orang Indonesia menggunakan aplikasi WhatsApp. Berikut tahapan-tahapan dalam membuat toko online di WhatsApp Business.

Cara Membuat Toko Online di Whatsapp

1. Download Aplikasi

Berjualan online menggunakan WhatsApp bisa memanfaatkan aplikasi WhatsApp Business. Langkah awal dalam cara membuat toko online di whatsapp business yaitu dengan mendownload aplikasi WhatsApp Business tersebut. Instal aplikasi yang sudah di download untuk bisa digunakan sebagai toko online. 

WhatsApp Business adalah aplikasi yang dikhususkan untuk bisnis terutama para pemilik bisnis kecil-kecilan. Aplikasi ini bisa didownload di perangkat Android dan iOS secara gratis. Penggunaanya tidak jauh berbeda dengan aplikasi WhatsApp pada umumnya seperti halnya berkirim pesan, menelpon dan mengirim foto.

2. Daftar Nomor Telepon

Langkah selanjutnya setelah proses install aplikasi selesai yaitu dengan membuat akun. Cara membuat akun tersebut sama dengan halnya membuat akun pada WhatsApp Messenger yaitu dengan mendaftarkan nomor telepon. Pastikan nomor telepon tersebut aktif dan berada di perangkat yang sama untuk mempermudah proses verifikasi.

READ  Cara Restore Whatsapp dari Google Drive Serta Cadangan Lokal

Nomor telepon yang digunakan sebaiknya benar-benar khusus nomer bisnis agar tidak tercampur dengan urusan pribadi. Pengguna juga bisa menambahkan nomor rumah atau nomor kantor selain nomor Hp yang ditambahkan. Nomor yang digunakan harus nomor permanen dan jangan diganti-ganti untuk memudahkan penjualan.

3. Lengkapi Profil Bisnis

Profil bisnis juga harus diisi dan dilengkapi ketika sudah berhasil login ke aplikasi WhatsApp Business yang sudah di install. Informasi yang harus dilengkapi yaitu nama toko, pemilik, kontak, alamat dan lain-lain yang berhubungan dengan profil toko. Pengguna juga bisa menambahkan alamat website jika memiliki.

Cara melengkapi profil bisnis tersebut yaitu melalui pengaturan WhatsApp Business. Buka Setting kemudian buka Business Setting dan terakhir buka Profil. Isi semua kolom pertanyaan dengan jawaban yang akurat tentang detail bisnis yang dilakukan. Kelengkapan profil ini juga bisa menarik para pembeli untuk berbelanja di toko online yang dibuat.

4. Atur Menu Balas Pesan Otomatis

Pengaturan balas pesan secara otomatis dapat dilakukan untuk menulis balasan yang akan muncul secara otomatis. Balasan tersebut akan langsung dikirim secara otomatis ketika ada pesan masuk dari pelanggan. Fitur ini  sangat membantu pemilik bisnis ketika ada pesan dari konsumen di luar jam kerja. 

Cara mengatur balasan pesan secara otomatis yaitu dengan membuat pengaturan pada aplikasi WhatsApp Business. Buka Business Setting kemudian pilih opsi Away Message atau Quick Replies. Atur pesan balasan yang akan dikirim secara otomatis kemudian atur juga waktu pengiriman pesan tersebut.

5. Buat Katalog

WhatsApp Business kini memiliki fitur baru yang memungkinkan para pebisnis untuk memiliki toko online tanpa harus membeli domain. Fitur katalog sangat membantu para pebisnis membuat katalog produk seperti halnya toko online lainnya. Semua Informasi produk termasuk nama, bahan ukuran dan harga bisa dimasukkan dalam katalog ini.

READ  Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Menghilangkan Kontak Anti Ribet

Cara membuat katalog barang yaitu melalui Business Setting. Buka Business Setting yang ada di menu Setting kemudian pilih katalog. Klik tanda plus yang terletak dibagian kanan bawah untuk menambah produk baru. Isi form katalog dengan informasi produk secara lengkap termasuk foto kemudian klik simpan. Ulangi cara yang sama jika ingin menambah produk lagi.

Berjualan online kini sudah bisa menggunakan aplikasi WhatsApp versi WhatsApp Business. Cara membuat toko online di whatsapp business cukup mudah dilakukan karena fitur pada aplikasi WhatsApp Business sangat memudahkan pembuatan toko online. Toko Online di WhatsApp lebih efektif karena hampir semua orang Indonesia menggunakan aplikasi tersebut.

Tinggalkan komentar

one × two =