Cara Mencadangkan dan Memulihkan Cadangan Whatsapp di Google Drive

Aplikasi Terbaru – Whatsapp telah menjadi media komunikasi yang penting dan banyak digunakan. Terdapat banyak file dan chat penting yang biasanya tersimpan pada aplikasi chatting tersebut. Untuk itu biasanya pengguna WA akan menyimpan cadangan Whatsapp di Google Drive agar aman dan dapat dipulihkan sewaktu-waktu.

cadangan whatsapp di google drive
cadangan whatsapp di google drive

Terutama jika pengguna berganti ponsel, maka semua file chat WA pengguna akan hilang. Namun tak perlu khawatir kehilangan chat WA jika sebelumnya pengguna sudah mencadangkan file yang ada di ponsel terdahulu ke Google Drive. Berikut ini adalah cara mencadangkannya:

Cara Mencadangkan File WA ke Google Drive

Jika pengguna tidak mencadangkan file WA ke Google Drive sebenarnya secara otomatis WA juga melakukan pencadangan lokal. Pencadangan lokal ini dilakukan setiap jam 2 malam dan tersimpan pada memori ponsel. Namun ponsel hanya menyimpan cadangan lokal dalam 7 hari terakhir. 

Cara terbaik untuk menyimpan cadangan WA adalah menggunakan Google Drive. Untuk mencadangkan file WA ke Google Drive, pengguna harus membuat akun Google Drive terlebih dahulu. Caranya dengan login menggunakan alamat email dan password pengguna. Setelah itu pengguna bisa melakukan cara berikut ini:

1. Membuka Aplikasi Whatsapp

Pertama buka aplikasi Whatsapp pada ponsel pengguna lalu masuk ke setelan. Pada bagian tersebut pengguna klik chat dan akan muncul beberapa peraturan termasuk pencadangan. Klik cadangkan untuk mencadangkan chat WA pengguna ke Google Drive.

2. Mengatur Setelan Google Drive

Selanjutnya akan muncul beberapa aturan pencadangan seperti waktu, akun dan koneksi yang digunakan. Pada bagian cadangkan ke Google Drive pengguna bisa memilih waktu pencadangan apakah harian, mingguan, bulanan atau hanya dicadangkan jika pengguna menekan cadangkan. Selanjutnya pada akun Google, pengguna bisa memasukkan alamat email yang terkoneksi dengan Google Drive pengguna.

READ  Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop dan Manfaatnya

Untuk koneksi yang digunakan selama pencadangan pengguna bisa memilih untuk menggunakan data seluler atau melalui wi-fi. Setelah setelan selesai diatur, dengan demikian maka cadangan Whatsapp di Google Drive telah tersimpan. Pengguna dapat memulihkan file yang dicadangkan setiap kali menginstal ulang aplikasi Whatsapp ini.

Cara Memulihkan Cadangan Whatsapp

Memulihkan cadangan Whatsapp yang ada di Google Drive dapat dilakukan ketika pengguna mengganti ponsel atau menghapus aplikasi Whatsapp. Untuk memulihkan cadangan Whatsapp maka sebelumnya pastikan bahwa nomor dan akun Google yang digunakan untuk memulihkan sama dengan yang digunakan saat pencadangan. Berikut ini cara memulihkan cadangan Whatsapp di Google Drive:

1. Menginstal Ulang Aplikasi Whatsapp

Untuk memulihkan cadangan Whatsapp di Google Drive pengguna harus menginstall ulang aplikasi Whatsapp yang dihapus atau pada ponsel baru pengguna. Setelah itu masukkan nomor telepon dan lakukan verifikasi. Whatsapp akan mengirimkan kode OTP untuk melakukan verifikasi tersebut.

2. Memulihkan Cadangan Whatsapp

Setelah verifikasi nomor, maka pengguna akan diminta untuk memulihkan cadangan WA yang dimiliki. Klik ‘pulihkan’ untuk bisa memulihkan cadangan WA yang tersimpan di Google Drive. Lama proses pemulihan tergantung pada besarnya file chat yang dimiliki oleh pengguna. Setelah proses selesai maka semua file chat pengguna yang telah dicadangkan akan muncul kembali.

Sebagai aplikasi yang penting, maka pengguna Whatsapp tidak ingin kehilangan file yang dimiliki, sehingga melakukan pencadangan menggunakan Google Drive. Sebab cadangan Whatsapp di Google Drive lebih lengkap jika dibandingkan cadangan lokal yang hanya menyimpan cadangan selama 7 hari terakhir. Setelah dicadangkan pengguna juga bisa memulihkan cadangan Whatsapp setiap kali menginstal ulang aplikasi.

Tinggalkan komentar

19 − 14 =