Cara Mengirim File Google Drive Ke Whatsapp dengan Mudah dan Cepat

Aplikasi terbaru – Whatsapp memiliki keterbatasan untuk mengirimkan file dalam jumlah besar yaitu maksimal 16 MB saja. Lantas bagaimana jika file yang hendak dikirim mempunyai ukuran lebih besar? Tak perlu khawatir sebab melalui link Google Drive bisa membantu untuk mengirimkan file dengan ukuran yang besar. Cara mengirim file Google Drive ke Whatsapp ini juga cukup mudah.

cara mengirim file google drive ke whatsapp

Google Drive memang biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai file dengan ukuran besar agar lebih mudah untuk dibagikan. Layanan cloud storage ini sendiri memiliki kapasitas penyimpanan 15 GB yang bisa didapatkan oleh pengguna Google secara gratis. Untuk mengirim file yang ada di Google Drive ke Whatsapp, pengguna bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

Cara Mengirim File Google Drive ke Whatsapp

1. Mengupload File ke Google Drive

Jika sebelumnya belum menyimpan file ke Google Drive maka pertama pengguna harus mengunggah file tersebut ke Google Drive terlebih dahulu. Untuk melakukannya pengguna bisa menggunakan Google Drive versi desktop ataupun versi mobile. Klik pada ikon ‘+’ untuk menambahkan file kemudian pilih upload.

Apabila sudah, maka pengguna bisa mencari file yang tadinya akan dikirim. Setelah itu Google Drive akan otomatis mengunggah file yang pengguna pilih tadi ke penyimpanan cloud storage Google Drive. Pengguna juga bisa mengunggah lebih dari satu file ke Google Drive sekaligus.

2. Mengubah Pengaturan File

File yang sudah diunggah ke Google Drive hanya bisa diakses secara pribadi oleh pemilik akun kecuali, pengguna telah membagikannya ke publik. Apabila pengguna tidak mengaktifkan akses link Google Drive maka orang lain tidak dapat mengakses isi dari link tersebut. Untuk itu sebelum mengirimkan file, pengguna harus mengubah pengaturan berbagi link terlebih dahulu.

READ  Cara Masuk Akun WhatsApp dari Google Lewat Smartphone dan Komputer

Pada bagian file yang akan dikirim klik titik tiga kemudian pilih ‘berbagi’. Apabila tulisan ‘berbagi link’ masih non aktif maka pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu. Setelah aktif maka akan muncul ikon segitiga ke bawah untuk mengontrol pengakses link. Pengguna bisa mengatur apakah pengakses hanya bisa melihat, mengomentari atau menyunting file tersebut.

3. Membatasi Akses Link Google Drive

Ketika membagikan link ke publik, pengguna juga bisa membatasi pengakses link file Google Drive tersebut. Setelah langkah di atas, pengguna bisa menambahkan alamat email pengguna mana saja yang bisa mengakses link tersebut. Sehingga selain orang-orang tersebut tidak akan dapat mengakses link yang dibagikan. Namun jika ingin membagikannya secara publik pengguna bisa melewati langkah ini.

4. Menyalin Link File Google Drive

Setelah pengaturan akses tersebut selesai maka pengguna sudah bisa membagikannya kepada orang lain. Cara mengirim file Google Drive ke Whatsapp adalah pada file yang akan dikirim, klik titik tiga yang ada pada file. Kemudian pilih copy link untuk menyalin link file yang akan dikirim.

5. Mengirim File Google Drive ke Whatsapp

Setelah link disalin, buka aplikasi Whatsapp yang ada di ponsel pengguna. Kirimkan link file Google Drive tersebut pada orang yang dituju. Dengan demikian maka file yang tadinya tidak dapat dikirim sudah berhasil dikirimkan dengan bantuan Google Drive. Selain itu link file Google Drive ini juga bisa dikirimkan melalui e-mail, Facebook ataupun media komunikasi lainnya.

Itu tadi adalah cara mengirim file Google Drive ke Whatsapp. Selain file individual, pengguna bahkan juga bisa mengirim banyak folder sekalipun dengan mudah dan membagikannya kepada pengguna lain melalui Whatsapp, email atau media sosial lainnya. Selain itu menariknya pengguna juga bisa mengontrol akses terhadap link yang telah dibagikan.

READ  5 Whatsapp Wordpress Plugin Untuk Chat Terbaik

Tinggalkan komentar

19 − 8 =