Serba-Serbi tentang WhatsApp Mode Gelap pada Ponsel

Aplikasiterbaru.net – Kini, tampilan mode gelap telah banyak diadaptasi oleh sebagian besar aplikasi media sosial dan sistem operasi pada ponsel. Termasuk salah satunya tampilan gelap yang disediakan pada WhatsApp mode. Pada umumnya, masyarakat sering menyebutnya dengan dark mode.

whatsapp mode
whatsapp mode

Aplikasi layanan pesan berkoneksi internet tersebut meluncurkan tampilan WhatsApp mode dark sekitar bulan Maret 2020 silam. Tampilan mode dark ini sebenarnya juga tidak sepenuhnya berwarna hitam, melainkan didominasi warna abu-abu gelap. Di bawah ini akan diulas tentang serba-serbi tampilan mode dark pada WhatsApp.

Serba-Serbi tentang WhatsApp Mode Gelap

1. Membuat Tampilan WhatsApp Menjadi Lebih Menarik

Bagi penyuka warna gelap, tentu saja terobosan baru WhatsApp mode gelap ini menjadi hal yang menarik. Kendati begitu, dengan adanya mode tersebut pengguna WhatsApp yang tidak terlalu menyukai warna gelap bisa untuk berganti suasana. Pasti pengguna WhatsApp tidak akan mendapati rasa bosan.

Tampilan WhatsApp dark mode ini memang tidak sepenuhnya didominasi warna hitam. Latar belakang tema ini mengambil warna abu-abu tua. Di samping itu, tetap tidak meninggalkan wallpaper chat ciri khas dari WhatsApp.

2. Baterai Ponsel Menjadi Lebih Tahan Lama

Adanya tampilan baru dari WhatsApp dark mode dinilai akan menjadikan baterai ponsel lebih tahan lama. Jika dibandingkan dengan tema tampilan yang terang, memang dark mode tidak menyedot daya baterai yang banyak. Ada baiknya apabila sedang bepergian lebih baik tampilan tema WhatsApp diganti dulu menjadi dark mode.

READ  Inilah Kegunaan Lain dari WhatsApp Video Call

Penjelasannya, pada layar ponsel OLED atau yang Organic light-emitting didode terdapat lapisan tipis yang mampu memancarkan cahaya dengan sendirinya. Pada tipe layar tersebut, pixel akan mati ketika layar menampilkan warna gelap. Hal itulah yang membuat daya baterai tidak banyak terkuras, sehingga lebih hemat.

3. Dapat Meminimalisir Kelelahan pada Mata

Tampilan terang disinyalir dapat membuat mata mudah lelah. Terlebih bagi pengguna WhatsApp yang menderita photophobia. Pada penderita ini akan merasa kesulitan jika berada atau melihat cahaya yang terlalu terang.

Diluncurkannya tema WhatsApp dengan tampilan dark mode ini menjadi angin segar bagi penderita photophobia, sebab saat menggunakan aplikasi cenderung lebih nyaman. Meskipun demikian, bagi orang yang normal pun hal itu juga akan menguntungkan. Selain itu, rasa pusing akibat mata terlalu tegang juga dapat diminimalisir.

4. Tidak Cocok untuk Membaca Cepat

Tampilan WhatsApp dengan mode gelap dianggap tidak cocok bagi pengguna yang diharuskan membaca cepat. Dikarenakan, latar belakang gelap akan menghambat mata menangkap tulisan dengan baik. Apalagi, bagi penderita mata silinder.

Latar belakang tema terang bisa membuat pengguna WhatsApp cepat membaca teks pada chat. Selain itu, juga mendukung untuk melakukan koreksi tulisan ataupun melakukan pengeditan dengan cepat. Jadi, jika sedang dituntut membaca tulisan dengan cepat, ubahlah tampilan WhatsApp menjadi tema terang.

5. Tampilan Stiker Kadang Menjadi Kurang Jelas

Kekurangan dari tampilan WhatsApp dark mode ini juga dapat membuat tampilan stiker menjadi kurang jelas. Misalnya, jika pada stiker tersebut terdapat text yang berwarna gelap. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan text tersebut tidak terlihat, karena samar dengan tema gelap pada latar belakang WhatsApp. Maksud dari text stiker WhatsApp sulit tersampaikan.

READ  Cara Membuat Whatsapp Tanpa Nomor Ponsel dengan Praktis

Kelima serba-serbi tentang tampilan WhatsApp mode gelap yang belum lama ini dirilis. Silakan pilih tema mana yang ingin digunakan pada aplikasi WhatsApp. Kedua mode tersebut baik mode gelap maupun mode terang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tinggalkan komentar

sixteen − thirteen =