Simak 5 Aplikasi Chat Selain WhatsApp Berikut Ini

Aplikasiterbaru.net – Chatting via aplikasi menggunakan internet sudah menjadi keseharian semua orang. Akan tetapi, beberapa pengguna smartphone belum tentu mengenal aplikasi chat selain WhatsApp. WhatsApp sendiri diminati banyak orang karena pengguna cukup menyimpan kontak lawan bicara dengan nomor yang terdaftar di WhatsApp.

aplikasi chat selain whatsapp
aplikasi chat selain whatsapp

Meski begitu, WhatsApp yang sudah diakuisisi Facebook mengakibatkan fungsi koneksi dari pusat sering gangguan. Gangguan yang ada sebagian besar disebabkan tingginya lalu lintas data yang diunggah dan diunduh oleh pengguna Instagram, WhatsApp, dan Facebook dari seluruh dunia. Untuk mengatasi masalah gangguan ini, berikut rekomendasi aplikasi lain untuk kelancaran chatting netizen:

Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp

1. Signal

Tak tanggung-tanggung, aplikasi chat selain WhatsApp ini semakin populer karena tercantum pada cuitan Elon Musk. Fitur yang dihadirkan tak jauh berbeda dari WhatsApp. Pesannya juga diamankan dengan enkripsi yang cukup kuat. Signal tidak menggunakan data pribadi pengguna ataupun mengunggah cadangan data aplikasi ke awan penyimpanan.

Aplikasi yang telah dipasang lebih dari puluhan juta warganet ini dapat di akses melalui iOS, Android, dan PC. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif ketika WhatsApp sedang tidak bisa dijangkau. Pengembang Signal Foundation sendiri kini memiliki fokus untuk membantu perusahaan rintisan mengembangkan aplikasinya.

2. Telegram

Saat ini, Telegram cukup populer seiring banyaknya komunitas daring, pelaku usaha, dan motivator dunia dan dalam negeri membangun sinergi di kanalnya. Selain fitur chat-nya yang tidak jauh beda dengan WA, ada stiker variatif dan file yang disimpan otomatis pada penyimpanan awan.

Hal ini membuat pengguna Telegram cukup betah chatting berlama-lama dan berekspresi dengan stikernya. Pengguna juga bisa terhubung dengan lokasi dan akun yang diawali tanda (@) tanpa harus menyimpan nomor telepon. Bahasa yang disediakan dari berbagai negara ditambah enkripsi pada fitur pesan.

READ  Cara Membuka File Backup Whatsapp di Android dan Komputer

3. Line

Sama seperti telegram atau twitter, netizen dapat terhubung melalui akun dengan tanda (@). Aplikasi ini dapat dikatakan sangat lengkap perihal sosial media. Pasalnya, ada ruang untuk menulis status seperti di Facebook, mengirim file, membaca webtoon, juga memantau berita terkini. Tak ketinggalan stiker dan GIFs yang beragam juga dapat menambah keseruan obrolan.

4. Hi App

Aplikasi yang dikembangkan PT Hello Kreasi Indonesia ini memiliki fitur obrolan yang mirip seperti WhatsApp. Serunya lagi, ada folder berbeda untuk memisahkan obrolan grup, pesan pribadi, maupun gabungan keduanya. Pesan yang dikirim juga terlindungi dengan enkripsi yang tak mudah diretas.

5. Viber

Ini merupakan aplikasi obrolan generasi awal munculnya ponsel pintar. Viber lebih dulu muncul sebelum WhatsApp. Sama seperti WhatsApp, kedua nomor harus terdaftar sebagai akun sebelum berkomunikasi via obrolan aplikasi.

Pesan dalam obrolan Viber diamankan dengan enkripsi. Ada juga fitur pesan rahasia, dalam jangka waktu tertentu yang nantinya akan otomatis hilang. Hal ini dapat membantu berkurangnya ruang penyimpanan.

Mirip seperti Telegram, pengguna Viber bisa mengirim file, stiker, video GIFs, dan rekaman audio. Viber juga menyediakan panggilan suara dan video. Meski kurang populer di Indonesia, Viber Messenger ini sudah dipasang lebih dari lima ratus juta kali dari seluruh dunia. Pengguna bisa mengakses akun yang sama di PC, Android, maupun iOS

Kekurangan aplikasi chat selain WhatsApp hanya terletak pada tidak tersedianya story atau status untuk dikirim. Meski demikian, keamanan chatting dengan enkripsi menjadi poin penting untuk menjaga privasi pengguna. Aplikasi selain WhatsApp di atas bisa dipilih berdasarkan kebutuhan chatting dengan lawan bicara dan ruang memori pada Hp.

READ  Cara Copy WhatsApp Dari Android Ke iPhone Cukup Dengan Ini Anti Ribet!

Tinggalkan komentar

19 − 6 =